Devi Yusprianti

Kamis, 18 Desember 2008

CATATAN kecil

Catatan kecil untuk menemani anak
menghadapi ujian sekolah

Kadang ketika anak kita akan ujian, tidak jarang justru kitanya, para ibu yang sibuk kalang kabut lebih seru dari anaknya sendiri yang menghadapi ujian. Itu saya alami.
Bagaimana dengan anda? Paling gak ibu-ibu yang tipenya rada-rada mirip sama saya ada beberapa tips yang saya, kita harus inget-inget tiapa anak akan ujian (seringnya saya lupa kalau bagusnya ini kita lakukan jauh-jauh hari).

Di sini saya punya 2 kategori tips, untuk anak kelas 1 :

1. Siapkan/kumpulkan semua hasil ulangan hariannya, latihan dan pr-pr yang pernah dia kerjakan. Pada saat pertama kali mengikuti ujian, biasanya anak tidak paham bahwa ujian itu akan berlangsung selama beberapa hari, tidak hanya selesai dalam 1 hari saja. Bila ada gelagat bosen belajar, biarkan dia sekali itu tidak belajar dan ketika besok dia mendapatkan nilai yang tidak memuaskan pastikan ke gurunya untuk memberitahu bahwa nilai tersebut bukanlah nilai yang baik. Hal ini akan dapat memicu keinginannya untuk belajar.

2. Jangan berharap anak akan membuat summary semua pelajaran yang pernah dipelajarinya. Maka kitalah yang siap untuk membuatnya. Dan pada saat sebelum belajar, pastikan bahwa summary yang kita buat telah dia kuasai, sehingga kita dapat langsung belajar dengan hanya memberikan soal-soal latihan yang pernah dia kerjakan.

3. Fotocopy soal-soal di buku cetaknya sebelum dia pergunakan disekolah.

4. Sehari sebelum ujian berlangsung pastikan bahwa buku-buku pelajarannya sudah berada di rumah semua, karena kadang ada buku yang prnya masih diperiksa di sekolah.

5. (apalagi ya...?)


Untuk anak yang lebih besar dan kakak dari si adik yang kelas 1 :

1. Dari awal kenaikan kelas harus kita tanamkan pengertian ke si kakak bahwa jenjang kelas yang akan dia hadapi di depan akan jauh lebih sulit ketimbang kelas yang telah dia lalui. Yakinkanlah anak kita bahwa mencicil belajar setiap hari akan sangat2 meringankan dia dikemudian hari ketika akan ujian disebabkan materi/bahannya tebelnya beda tipis sama kita ujian waktu kuliah.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda